Jumat, 09 Maret 2012

Pendapat Mengenai Proses Pembelajaran e-learning Psikologi Pendidikan yang Menggunakan Media Gmail dan Blogging Menurut Kelompok Kami...

                                                                Chindy (11-097)
                                                                Citra W (11-109)
                                                                Firman S (11-123)

Apa sih e-learning itu??

e-learning adalah sistem ajar-mengajar melalui media elektronik, jadi murid/mahasiswa dapat mencari sumber pebgetahuan selain dari buku dan juga melalui e-learning ini dapat mengurangi dampak "Global Warming" dengan cara paperless (hemat kertas).



Menurut kelompok kami, proses e-learning itu sangatlah bermanfaat.

Manfaat-manfaat yang diperoleh dari e-learning ini adalah:  

  • Melalui pembelajaran e-learning ini kita bisa mengenal beragam "dunia luar" seperti beberapa jejaring sosial yang jarang kita gunakan seperti membuat blog dan mulai blogging. Hal tersebut dapat membuat mahasiswa menjadi lebih kreatif dan dapat mengasah kemampuan dalam berkreasi.

  • Melalui e-learning ini juga dapat membuat mahasiswa menjadi lebih up-to-date karena mahasiswa dapat dengan mudah mencari informasi dari dunia luar melalui media internet. Selain itu, Internet juga berguna untuk membagi informasi dengan orang lain melalui situs-situs jejaring sosial. 
Hal ini juga dapat kita hubungkan dengan pandangan para tokoh psikologi pendidikan, seperti:

  1. Dari segi pandangan William James kita perlu mengajarkan kepada anak pada titik yang sedikit lebih tinggi di atas tingkat pengetahuan dan pemahaman anak tesebut dengan tujuan untuk memperluas cakrawala pemikiran anak tersebut. Nah, sepertihalnya dalam membuat blog ini, sebelumnya kita belum pernah / belum berpengalaman membuat blog, kita diberikan sedikit tantangan untuk dapat membuat blog tersebut. Hali ini juga dapat meningkatkan kemampuan anak tersebut yang awalnya menggunakan cara belajar konventional sekarang menjadi melalui media elektronik yang modren, yang juga dapat meningkatkan kemampuan anak tersebut dalam bidang teknologi yang semakin maju sekarang ini.
  2.  Dari segi pandang John Dewey yang memandang bahwa anak sebagai pembelajar aktif. Hal tersebut dapat kita lihat melalui pembelajaran e-learning ini kita dituntut untuk lebih aktif dan mencari bahan pembelajaran sendiri melalui media yang tersedia, dalah satunya internet, dan berusaha untuk mengerti. Dengan media e-learning ini juga dapat membantu anak tersebut untuk beradaptasi dengan lingkungan, seperti penggunaan internet dan jejaring sosial yang sudah lazim digunakan pada zaman sekarang.
  3. Dari segi pandang Thorndike yang menyatakan bahwa menanamkan keahlian penalaran anak dan pendidikan harus mempunyai basis ilmiah. Nah, hal ini terlihat jelas dari penggunaan blog untuk memperlancar proses ajar-mengajar di mata kuliah kita ini. Dalam melakukan blogging kita diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan penalaran kita atas materi-materi pembelajaran yang telah kita baca dan mempublikasikannya di media blogger ini. Sehingga apa yang kita publikasihan tersebut masih berbasis ilmiah.
Jadi kelompok kami menarik kesimpulan, bahwa proses pembelajaran e-learning ini selain sangat bermanfaat dalam proses pembelajaraan yang membuat kita menjadi lebih aktif dan juga dapat membuat kita menjalin hubungan sosial yang lebih mudah dengan sesama teman. Jejaring sosial ini sangat bermanfaat bagi semua orang asalkan menggunakannya dalam sisi positif...;)

1 komentar: