Kamis, 08 Maret 2012

psikologi pendidikan dan media pembelajaran

Dalam  sejarah, media dan teknologi memiliki pengaruh terhadap pendidikan. Contohnya, komputer dan internet telah mempengaruhi proses pembelajaran sampai saat ini. Aturan-aturan dari pendidik dan pebelajar telah berubah karena dipengaruhi media dan teknologi yang digunakan di dalam kelas. Perubahan ini sangat esensial, karena sebagai penuntun dalam proses pembelajaran, pendidik (guru) berhak menguji media dan teknologi dalam konteks belajar dan itu berdampak pada hasil belajar siswa. LEARNING Belajar adalah proses pengembangan pengetahuan, ketrampilan-ketrampilan, atau pengembangan tingkah laku sebagai interaksi individu, menyangkut fasilitas-fasilitas fisik,psikologis, metode pembelajaran, media, dan teknologi. Belajar adalah proses yang dilakukan sepanjang waktu oleh individu manapun.

Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Oleh karena proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran
Dari pendapat di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.

menurut andreson(1976)menggolongkan jenis media menjadi 10 media:
1.audio:kaset audio,siaran radio,CD,telpon.
2.cetak:buku pelajaran,modul,brosur,gambar. 
3.audio-cetak:kaset audio yang dilengkapi bahan tertulis.
4.proyeksi visual diam:overhead transparansi(OHT),film bingkai(slide)
5.proyeksi audio visual diam:film bingkai slide bersuara.
6.visual gerak:film bisu
7.audio visual gerak:film gerak bersuara,video/vcd,televisi.
8.obyek fisik:benda nyata,model,spesimen.
9.manusia dan lingkungan:guru,pustakawan,laboratorium.
10.komputer:CAI.

  jadi secara singkat berbagai jenis media belajar dapat disimpulkan:
 1.media visual:grafik,diagram,poster,buku,chart,bagan.
 2.media motion media:komputer,film,tv,video.
 3.media audial:radio,tape recorder,laboratorium komputer,dan sejenisnya
 4.projected still media:slide,over head projektor,lcd proyektor.
 5.study tour media.

sekedar tambahan:
metode media pembelajaran juga bisa melalui
PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Menyajikan materi sebagai pengantar
3. Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
4. Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
5. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
6. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
7. Kesimpulan/rangkuman



manfaat media pembelajaran:
1.memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dengan lingkungannya.
2.Media menghasilkan keseragaman pengamatan.
3.Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis.
4.Media membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar.
5.Media memberikan pengalaman yang integral/menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak.

 sumber:
santrock,John.W.psikologi pendidikan,2010,jakarta,:kencana.
http://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/
http://zonainfosemua.blogspot.com/2011/01/media-berasal-dari-bahasa-latin.html
http://dossuwanda.wordpress.com/2008/03/18/ragam-metode-pembelajaran/
http://elearning.unesa.ac.id/tag/hubungan-psikologi-pendidikan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar