Senin, 09 April 2012

”cognition and language” yang pernah saya alami


Tentang pemecahan masalah secara kreatif yang berlangsung dalam 4 langkah:
1.preparation
2.incubation
3.illmuniation
4.verification
Contoh kasus yang pernah saya alami :
1.Preparation       :pada saat liburan UAS kemarin,saya ingin mendekorasi kamar menjadi lebih menarik dan indah.tapi saya tidak punya uang untuk membeli barang-barang yang mahal seperti lampu hias,dan lain-lain.yang saya miliki hanyalah karton warna-warni,kertas jeruk,kertas origami,lem,gunting,foto semasa kecil dan foto-foto dengan sahabat dekat.
2.Incubation        :saya duduk dan berfikir di kamar tentang apa yang harus saya perbuat agar kamar bisa menjadi lebih bagus tanpa harus membeli barang-barang mahal untuk menghias kamar.
3.Illmuniation     : (AHA) saya pun mendapatkan ide setelah 30menit sudah duduk dan berfikir tentang apa       yang harus saya lakukan agar kamar terlihat indah dan tidak monoton.saya berfikir “saya kan bisa menggunakan karton warna-warni,kertas jeruk,kertas origami,lem,foto semasa kecil,foto dengan sahabat-sahabat untuk menjadi hiasan kamar.dengan cara membentuk karton warna warni dan menempelkan foto semasa kecil/foto bersama sahabat-sahabat lalu ditempel didinding.setelah itu saya juga bisa membuat bunga-bunga kecil dengan kertas origami,ataupun membuat burung mainan dari kertas origami dan menggantungnya dilangit-langit kamar.
4.Verification     :saya pun mulai mengerjakan misi/ide saya terhadap kamar saya setahap demi setahap.sampai akhir nya menjadi kamar yang indah J
3 strategi pemecahan masalah:
Trial and error:mencoba setiap kemungkinan .dan memakan Waktu cukup lama,dan tidak menjamin masalah selesai.
Algorithm :pola penyelesaiannya secara sistematis,dan dan menjamin akan memperolah solusi yang tepat
Heuristic reasoning: Penggunaan strategi yang menambah kemungkinan ditemukannya solusi yang benar ,Tidak sistematis,hasil atau solusi yang didapat belum tentu tepat.


Contoh kasus yang pernah saya alami :
Trial and error
                Saya pernah menyimpan nomor hp sahabat smp saya di salah satu buku pelajaran smp saya.sampai sekarang saya lupa menyimpan nya dimana.satu tahun yang lalu saya coba mencari nya di tumpukan buku-buku digudang.saya membuka semua buku dan saya tidak menemukannya.mungkin saja karena kelelahan pada 10buku terakhir saya membuka buku-buku tersebut dengan cepat dan dengan pengamatan yang singkat.lalu saya tidak pernah mencoba mencari nya lagi.
Algorithm
                Seminggu yang lalu saya mencari buku tabungan saya dan pada saat itu juga saya ingat dimana saya meletakkan buku tabungan saya.saya meletakkan nya di atas lemari di lempitan buku-buku majalah yang sudah tidak terpakai lagi.lalu saya memanjat lemari dengan bangku dan menurunkan dengan perlahan tumpukan buku-buku dan menemukan buku tabungan yang saya cari.
Heuristic reasoning
                Saya pernah mengalami putus cinta.disaat itu hubungan saya dan pacar sudah berjalan 3 tahun dari saya masih sma kelas 1 sampai sma kelas 3.dan akhir nya kami putus karena kesalah pahaman saya.mantan saya ini biasanya selalu menelpon setiap malam dan selalu mengajak saya jalan dihari minggu dan malam minggu.tapi entah kenapa sebelum sebulan kami putus dia jadi berubah.dia sudah jarang menelpon duluan dan jarang sekali mengajak saya jalan.lalu saya merasa sedih dan tidak menanyakan hal tersebut dengan mantan saya tersebut karena malu.lalu saya ingat dengan kejadian teman saya yang ditinggal pacarnya karena pacar nya selingkuh.saya yakin dengan asumsi tersebut karena salah satu factor nya sama teman saya juga sering tidak ditelpon lagi dan tidak pernah diajaka jalan lagi.lalu seminggu kemudian saya memutuskan pacar saya tersebut.satu minggu kemudian saya baru dengar dari teman baik nya bahwa dia tidak pernah menelpon dan mengajak jalan karena dia sedang sibuk dengan kuliah dan hobi nya didunia otomotif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar