Sabtu, 12 Mei 2012

resume N testimonial about blended learning

Resume :
blended learning adalah metode pembelajaran yang memadukan pertemuan tatap muka dengan materi online secara harmonis. Perpaduan antara training konvensional di mana trainer dan trainee bertemu langsung dengan training online yang bisa diakses kapan saja, di mana saja 24 jam sehari, 7 hari seminggu
dengan kata lain blended learning dapat membantu mempresentasikan keuntungan yang jelas untuk dapat menciptakan pengalaman belajar,yang mana dari pengalaman yang diperoleh pembelajar dapat memberikan pengetahuan,ketrampilan dan kompetensi bagi diri nya sendiri.tanpa dibatasi jarak dan waktu.

setiap metode pembelajaran pasti ada kelemahan(sisi negatif) dan kelebihan(sisi positif):
kelebihan(sisi positif) :
 -dapat menghemat waktu dan biaya,hal ini sudah pasti karena ketika kita menerapkan metode blended learning ini kita bisa tidak melakukannya dengan tatap muka apabila sedang berhalangan hadir atau sebagainya(bisa menghemat waktu).
-pembelajaran lebih terfokus,hal ini secara otomatis pasti terjadi di setiap siswa yang diterapkan blended learning ini.karena kita sudah terbiasa menggunakan metode ceramah saja selama ini,terkadang ada materi yang tidak kita mengerti atau sama sekali tidak kita mengerti karena kita hanya duduk diam dikelas dan mendengarkan dosen berbicara dan terkadang kita tidak fokus sehingga saat ujian kita kurang paham apa yg sudah kita pahami dari pelajaran kita.tetapi dengan adanya blended learning ini,kita akan terbentuk secara mandiri dalam menangani tugas2 dan instruksi2 dari dosen pengampuh.karena kita akan melakukan metode pembelajaran lewat internet sehingga awalnya kita harus tau dulu bagaimana cara mengunakan metode pembelajaran yang diterapkan lewat internet tersebut.sehingga kita bisa terfokus dalam pelajaran kita.
-sistem penilaian lebih mudah,karena pengajar tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengambil nilai para siswa2 tersebut.tetapi dalam hal ketiga ini saya agak kurang setuju karena ditakutkan terkadang jaringan internet lemot atau hilang timbul sehingga pengumpulan tugas sesuai deadline terhambat. :)

kelemahan(sisi negatif) :
-media yang di gunakan sangat beragam,sangat sulit apbila sarana dan prasarana yang dimiliki tiak lengkap.
-fasilitas yang dimiliki pelajar tidak merata,kadang ada pelajar yang tidak mempunyai komputer atau laptop sehingga harus bolak balik ke internet.
-kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penggunaan internet.

jadi kesimpulannya : blended learning ini dapat membantu generasi-generasi muda jaman sekarang di indonesia untuk lebih bijak dalam menggunakan jaringan internet untuk hal-hal yang positif.seperti metode blended learning ini yang dapat membuat mahasiswa lebih memahami teknologi belajar yang ada di era dunia modern sekarang ini..(agar ga ketinggalan :) ) dan juga dapat membuat pelajar indonesia mengetahui teknologi-teknologi yang sudah ada bukan hanya facebook saja dengan kata lain dapat membuka jendela pendidikan lebih lebar lagi :) biarpun masih ada hal2 negatif didalam blended learning ini sebernya itu semua tergantung oleh cara manusia menanggulangi kekurangan itu tersebut dengan selalu berusaha.


testimonial :
menurut saya,pembelajaran hari ini seruuuu sekali...karena saya jadi bisa tahu lagi apa saja yang ada di teknologi sekaang untuk dimanfaat kan untuk belajar..saya jadi bisa tau bagaimana menggunakan verbatim,bagimana keadaan belajar blended learning itu.awal nya saya merasa seperti ny blended learning merupakan hal yang sangat sulit :( ...awal masuk ke kelas juga uda panik dan bingung2 ngeliat temen2 uda pada sibuk dengan laptop.saya juga panik karena ga bawa laptop.hehe..lalu saya mencoba mengikuti perkuliahan dengan blended learning dengan cermat dan berkongsi laptop dengan teman sekelompok.ternyata hal itu sangat menyenangkan,dimulai dari chatting di gmail dan gtalk lalu absen melalui gtalk.bener-bener hal baru yang membuat saya tersadar ternyata selama ini saya lumayan ketinggalan dengan teknologi2 belajar yang ada.intinya di blended learning ni saya bukan cuma dapet nilai kalo ngerjain,juga mendapat ilmu yang sangat bermanfaat untuk saya kedepannya..trima kasih bu dina :)

kendala yang saya hadapi :
saya bingung banget karena tadi ga bawa laptop untung nya ada teman yang menyarankan untuk berkongsi laptop dengan teman sekelompok.jadi saya tadi menggunakan goggle chrome dan teman saya menggunakan mozila.bedanya dia bisa pake gtalk saya pakai chat dari gmail.hihi.itu aja sih kendalanya ..hihi :)

sumber :
http://tepenr06.wordpress.com/2012/05/08/about-blended-learning/
http://www.tp.ac.id/tag/teori-belajar-dalam-blended-learning
http://www.ripiu.com/article/read/pembelajaran-terintegrasi-lms
http://www.muhammadnoer.com/2010/07/blended-learning-mengubah-cara-kita-belajar-di-masa-depan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar